Rabu, 27 Agustus 2014

Kanonik & Segala Persiapannya

Haaaah ini bener-bener late post lagi ya. OK! Kanonik. Gue pada dasarnya nggak tahu sama sekali wujud rupa dan gambaran kanonik itu seperti apa. Gue tanya ke orang tua, katanya jaman dulu nggak ada. Gue tanya temen-temen katanya "kanonik itu ya setiap pasangan akan diinterogasi sama romo paroki, dan diinterogasinya itu nggak berdua loh... tapi sendiri-sendiri.. terus yaa nanti lo bakal ditanya macem-macem, bisa sedikit atau bahkan banyak, ya itu si tergantung romo nya." Oke dari situ udah agak was-was ya kira-kira apa aja yang ditanyain ya sama Romo. Lanjut lagi pertanyaannya ke temen gue "lo berapa lama ditanyain, terus apa aja yang ditanyain, point-pointnya apa aja, dan lain lain"

Sambil ngumpulin semua dokumen yang wajib dikasih ke sekretariat gue ikutan browsing-browsing, penasaran sama jenis pertanyaan yang mungkin muncul. huaaaaa emang dasar yaaa mukeee panikan ya kayak gue gini, laki gue malah santai kayak di pantai. Tenaaaaang aja doi.. >.<

Bla bla bla bla blaaaaaa akhirnya ketok palu dapet jadwal dari sekretariat gereja jadwal penyelidikan kanonik tanggal 16 Agustus kemarin dan bisa ketemu romo setelah misa. Bla bla bla bla blaaaaa (baca : nunggu kelamaan) akhirnya ketemu deh sama romo jam 7 malam. eitssss gue langsung nyamber ke romo nanyain kira-kira kapan bisa kanonik, gayung bersambut romonya bilang silahkan tunggu dulu di sekretariat ya.. Gue girangggg hahaha...

Tik tok... tik tok nunggu di sekretariat 10 menit #masih normal, lanjut 20 menit #masih normal lanjut 30 menit #pantat pegel daaaaan jeeeng satpam datengin kita terus bilang "mba yang janjian sama romo ya? Romo bilang mba makan dulu aja, nanti balik lagi ke sini setelah jam 8 malam, karena romo ada rapat sebentar" Ok fixed gue gondok, akhirnya gue sama cami makan di deket-deket gereja dengan pertimbangan kalo mau balik lagi ke gereja nggak perlu ribet mikir jauh dan macet. 

Keasyikan makan malah lupa udah mau jam 9 malam. Langsung cusss ke gereja dan duduk anteng manis di sofa depan sekretariat. Ternyata romo udah ada tamu, huuuh jadilah kita nunggu berdua kan ya di luar situ sambil ngeliatin pohon-pohon berasa kayak di rumah duduk-duduk santai.. Naaaah si tamu udah keluar, langsung girang tapi deg-degan di panggil romo suruh masuk.

Dan beginilah ceritanya............... Gue sama cami disuruh masuk berdua ke ruangannya. Terus di tanya nama masing-masing, diminta kartu identitas dan segala dokumen prasyarat penyelidikan kanonik. Untung udah lengkap semua.. Catatan aja yang diminta sama pihak gereja itu dokumen asli nya.. Awalnya agak takut juga di tolak karena sertifikat KPP gue dan cami itu udah lewat dari 6 bulan (kita 7 bulan) untung nggak apa-apa sama si romo :))))

Selanjutnya...... Romo bilang silahkan satu persatu bergantian ada yang di luar dan ada yang di dalam. Cami giliran yang pertama, gue di luar dulu nunggu giliran setelah cami. Gue di luar dikasih kertas pertanyaan pilihan ganda dan wajib di isi. Kira-kira cuma 15 menit, cami keluar dan gantianlah gue yang masuk. Serius banget tangan dingin, jantung deg-degan HAHAHAHA... dan ternyata pertanyaannya nggak susah nggak ribet.. contoh yang ditanya.. kenal dimana, kenal sejak kapan, gimana bisa bertemu, kekurangannya pasangan, kelebihannya pasangan, rencana tinggal dimana setelah menikah, kekurangan diri sendiri, selama kpp apa point yang paling diingat, hobi pasangan apa, hobi kamu apa.. begitulah kira-kira pertanyaannya.. Dan pas gue tanya ke cami, pertanyaannya juga gitu. Terus gue kroscek sama cami jawabannya, ternyata apa yang cami jawab sama apa yang gue jawab KLOP.. huuh lancaaaaar jaya, surat di tanda-tangan dan romo langsung tanya siapa romo yang akan mimpin misa nanti. Gue jawab ya romo.. hehehe langsung dia liat draft buku misa yang gue udah buat dan dia OK.. catatan dari dia untuk janji pernikahan dan tukar cincin harap teks jangan di baca (NOTE : HARUS DIHAFALKAN DI LUAR KEPALA)

Kelaaaaaaaar semuaaa dan pulang dengan muka bahagiaaaa. One step closerrrr :)))

Tidak ada komentar: